BANGGA JADI WAJIB PAJAK

Membayar pajak adalah wujud dari kewajiban kenegaraan dan peran serta wajib pajak untuk secara langsung dan bersama-sama mendukung pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Sesuai falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi juga merupakan hak setiap warga negara untuk turut berpartisipasi dalam membangun bangsa.

Tanggung jawab atas kewajiban pajak sebagai cerminan kewajiban kenegaraan di bidang perpajakan berada di pundak anggota masyarakat sendiri untuk memenuhinya. Hal ini sesuai dengan sistem self assessment yang dianut dalam sistem perpajakan Indonesia. Pemerintah, dalam hal ini otoritas perpajakan, sesuai dengan fungsinya berkewajiban melakukan pembinaan/penyuluhan, pelayanan, dan pengawasan.

Sebagaimana halnya perekonomian dalam sebuah keluarga, perekonomian negara juga mengenal adanya sumber-sumber penerimaan dan pos-pos pengeluaran. Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara. Tanpa pajak, sebagian besar kegiatan negara sulit untuk dilaksanakan. Penggunaan uang pajak meliputi belanja aparatur negara sampai dengan pembiayaan berbagai proyek pembangunan. Pembangunan sarana umum seperti jalan-jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit/puskesmas dan kantor polisi pun dibiayai dengan menggunakan uang yang berasal dari pajak. Uang pajak juga digunakan untuk pembiayaan dalam rangka memberikan rasa aman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sejatinya, setiap warga negara sejak dilahirkan hingga meninggal dunia, menikmati fasilitas dan pelayanan dari pemerintah yang semuanya dibiayai dengan uang yang berasal dari pajak. Pajak juga digunakan untuk menyubsidi barang dan/atau jasa yang sangat dibutuhkan masyarakat dan juga untuk membayar utang negara. Pajak juga digunakan untuk membantu UMKM baik dalam hal pembinaan maupun permodalannya. Dengan demikian jelas bahwa peranan penerimaan pajak bagi negara sangat menentukan bagi kelancaran roda pemerintahan dan keberhasilan pembangunan. Tentunya, harapan terbesar dari keberhasilan penerimaan pajak ini berada di pundak para individu wajib pajak. Oleh karena itu tidak ada alasan bagi kita untuk tidak merasa bangga menjadi wajib pajak, karena #PajakKitaUntukKita.

Satu tanggapan untuk “BANGGA JADI WAJIB PAJAK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s