Tumbuh Tercepat, UEA Jadi Surga Pajak Dunia

https://www.beritasatu.com/dunia/744625/tumbuh-tercepat-uea-jadi-surga-pajak-dunia

Abu Dhabi, Beritasatu.com– Uni Emirat Arab (UEA) menjadi salah satu surga pajak dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Menurut Jaringan Peradilan Pajak, setidaknya lebih dari US$ 200 miliar (Rp 2.874 triliun) mengalir ke UEA.

Seperti dilaporkan Reuters, Indeks Surga Pajak Perusahaan 2021yang diterbitkan oleh Jaringan Keadilan Pajak, mendokumentasikan negara-negara yang menarik perusahaan untuk menciutkan tagihan pajak mereka. Studi menambahkan Uni Emirat Arab ke peringkat 10 teratas, yang mencakup Swiss dan Bermuda.

Wilayah lepas pantai Inggris Raya, Kepulauan Virgin Britania Raya, Kepulauan Cayman, dan Bermuda disebut sebagai yurisdiksi paling signifikan yang digunakan oleh perusahaan untuk meminimalkan pajak mereka, diikuti oleh Belanda.

UEA bergabung dengan peringkat teratas di nomor 10 setelah perusahaan multinasional mengalihkan lebih dari US$ 218 miliar (Rp3.130 triliun) investasi langsung asing melalui Belanda ke UEA untuk menghemat pajak, kata studi tersebut, yang mendukung aktivitas keuangan hampir 180%.

Seorang juru bicara kementerian keuangan Belanda menyatakan Belanda telah memperkenalkan pemotongan pajak untuk menargetkan aliran uang ke negara-negara dengan pajak rendah, termasuk UEA dan Bermuda. Kebijakan itu diberlakukan untuk mencegah Belanda digunakan sebagai saluran. Namun, diperkirakan aliran uang lebih rendah.

Sebaliknya, UEA tidak menanggapi permintaan komentar.

Jaringan Keadilan Pajak, satu kelompok yang didanai oleh sumbangan dan mengampanyekan transparansi, menyatakan bahwa studinya mengukur aktivitas multinasional, serta tarif dan celah pajak. Meskipun perusahaan tidak dilarang menggunakan celah, praktiknya dipandang kritis.

“Anda tidak perlu menjadi ahli pajak untuk mengetahui mengapa sistem pajak global diprogram oleh klub suaka pajak kaya yang mengeluarkan lebih dari US$ 245 miliar (Rp 3.518 triliun) pajak perusahaan yang hilang setahun, “kata Alex Cobham, kepala eksekutif Tax Justice Network.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s