Upaya Pemerintah Antisipasi Shortfall Pajak

https://www.beritasatu.com/ekonomi/744707/fokus-pasar-upaya-pemerintah-antisipasi-shortfall-pajak

Jakarta, Beritasatu.com – Fokus pasar pada hari ini tertuju upaya pemerintah untuk menutupi potensi shortfall pajak pada tahun 2021. Beberapa langkah akan dilakukan salah satunya yakni dengan melakukan perluasan pajak dari sektor makanan hingga alat kesehatan.

Dalam riset harianya Pilarmas Sekuritas menjelaskan, perluasan pajak yang dilakukan pada sektor tersebut dikarenakan selama pandemi memiliki kinerja yang baik. Berdasarkan data Laporan Kinerja Ditjen Pajak Kementerian Keuangan 2020 secara rinci menjelaskan sektor yang menjadi target perluasan pajak dari pemerintah Indonesia yakni produk makanan kesehatan seperti sarang burung walet, dan produk pakan ternak.

“Kemudian dari industri farmasi dan alat kesehatan yakni obat, herbal atau tradisional, alat pelindung diri (APD), masker, termasuk juga alat olahraga seperti sepeda,” jelas Pilarmas, Jumat (11/3/2021).

PIlarmas melanjutkan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dari Ditjen Pajak dalam memperluas pajak pada ketiga sektor itu, yakni kontribusi produk domestik bruto yang besar. Lalu, nilai potensi dan tax gap yang cukup signifikan dan ketiga, memiliki ability to pay yang tinggi.

Di sisi lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga melihat adanya potensi penerimaan pajak yang bisa diambil dari sektor manufaktur. Sejalan dengan perbaikan kinerja yang terindikasi dari peningkatan PMI Manufaktur Indonesia pada Januari lalu berada di level 52,2.

“Pertumbuhan penerimaan pajak sektor manufaktur itu juga diikuti dengan sektor informasi dan komunikasi yang naik 6,28% secara tahunan,” ujar Pilarmas.

Meningkatnya penerimaan pajak ini menandakan apresiasi dari para pelaku usaha atas stimulus yang diberikan oleh pemerintah kepada industri seperti keringanan bea masuk, pengurangan pajak untuk sektor tertentu ataupun PPh untuk karyawan.

Meski hal ini baik untuk cash flow para pelaku usaha, namun Pilarmas menilai selama daya beli dan supply chain masih belum berjalan normal, rencana pengenaan pajak pada pelaku usaha dapat menghambat laju ekspansi.

“Sehingga hal tersebut dapat saja memberikan tekanan pada pemulihan ekonomi yang sedang berjalan,” pungkas Pilarmas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s