Biden bersedia menerima tarif pajak perusahaan 25% untuk danai belanja infrastruktur

KONTAN.CO.ID – LAKE CHARLES. Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan tarif pajak perusahaan antara 25% dan 28% dapat membantu membiayai infrastruktur yang  sangat dibutuhkan, menunjukkan ia dapat menerima tarif yang lebih rendah dari yang diusulkan.

“Cara saya membayar untuk ini, adalah memastikan bahwa perusahaan terbesar tidak membayar nol, dan mengurangi pemotongan pajak (perusahaan 2017) menjadi antara 25% dan 28%,” kata Biden saat berkunjung ke Lake Charles, Louisiana seperti diberitakan Reuters.

Dalam rencana anggaran infrastruktur senilai US$ 2,3 triliun, presiden Demokrat pada awalnya mengusulkan untuk menaikkan tarif pajak perusahaan dari 21% menjadi 28%. 
Pakar pajak dan asisten kongres mengatakan kepada Reuters pada bulan April bahwa tarif 25% kemungkinan akan menjadi kompromi.

“Apa yang saya usulkan sangat dibutuhkan” dan akan dibayar, kata Biden, menepis teori “menetes ke bawah” bahwa membantu bisnis dan orang kaya akan menguntungkan mereka yang jauh di bawah tangga ekonomi. 

“Kita harus membangun dari bawah ke atas dan dari tengah ke luar.”

Tarif pajak perusahaan AS turun menjadi 21% dari 35% setelah pemotongan pajak 2017 yang didorong oleh Presiden Donald Trump dan rekan-rekannya dari Partai Republik, tetapi banyak perusahaan besar AS membayar jauh lebih sedikit.

Anggota Kongres dari Partai Republik menentang usulan Biden sebesar US$ 2,25 triliun untuk belanja infrastruktur selama satu dekade, dengan mengatakan bahwa pajak yang lebih tinggi yang akan dikenakan pada perusahaan untuk mendanai itu akan membebani pekerjaan dan memperlambat ekonomi.

Trump mengatakan kenaikan pajak pada perusahaan dapat mendorong beberapa orang untuk pindah ke luar negeri untuk mencari lingkungan pajak yang lebih baik.

Ekonomi AS. telah berkembang pesat di bawah tingkat pajak perusahaan yang lebih tinggi, seperti pada tahun 1960-an dan 1990-an.

Di Senat yang terpecah belah, Biden akan membutuhkan setiap suara Demokrat jika tidak ada Partai Republik yang mendukung RUU tersebut. Biden mengatakan di Lake Charles dia bertemu dengan Partai Republik di Kongres untuk melihat “seberapa besar keinginan mereka, apa yang mereka pikirkan sebagai prioritas, dan kompromi apa” yang dapat mereka tawarkan.

“Saya siap untuk berkompromi,” kata Biden. “Saya belum siap untuk mengalami periode lain di mana Amerika memiliki ‘Bulan Infrastruktur’ yang lain dan tidak mengubah apa pun.”

Beberapa Partai Republik telah menawarkan paket yang jauh lebih kecil: US$ 568 miliar, difokuskan pada jalan, jembatan, akses broadband dan perbaikan air minum. Namun, sebagian besar mencerminkan uang yang diharapkan akan dikeluarkan oleh pemerintah federal untuk infrastruktur itu.

Pemimpin Minoritas Senat AS Mitch McConnell memperkirakan pekan lalu bahwa anggaran infrastruktur dan rencana pekerjaan Biden tidak akan mendapat dukungan dari anggota parlemen Republik.

“Saya akan melawan mereka setiap saat, karena menurut saya ini adalah resep yang salah untuk Amerika,” kata McConnell dalam sebuah acara di negara bagian asalnya, Kentucky bulan lalu.

https://internasional.kontan.co.id/news/biden-bersedia-menerima-tarif-pajak-perusahaan-35-untuk-danai-belanja-infrastruktur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s