Tiongkok Siap Potong Pajak untuk Dorong Ekonomi Riil

Beijing: Pemerintah Tiongkok berencana memotong pajak dan biaya untuk meningkatkan vitalitas entitas pasar. Upaya itu dilakukan guna memobilisasi sumber daya keuangan untuk mendukung ekonomi riil, mengurangi biaya transaksi yang dibebankan pemerintah, dan memotong biaya tenaga kerja untuk perusahaan.

“Tiongkok juga akan mengurangi biaya logistik, membatalkan atau menurunkan beberapa biaya jalan raya dan pelabuhan penerbangan sipil, dan meningkatkan infrastruktur transportasi dan logistik,” kata pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional dan tiga kementerian lainnya, dilansir dari Xinhua, Jumat, 14 Mei 2021.

Upaya itu, tambahnya, akan dilakukan untuk meningkatkan perputaran modal perusahaan dan memastikan pembayaran tepat waktu untuk usaha kecil dan menengah. Tiongkok akan menjaga kesinambungan dan keberlanjutan kebijakan makro tahun ini guna menjaga operasi ekonomi dalam kisaran yang sesuai, menurut laporan kerja pemerintah tahun ini.

Tiongkok juga akan terus menerapkan kebijakan pemotongan pajak sistematis, memperpanjang durasi beberapa kebijakan sementara seperti keringanan pajak pertambahan nilai untuk pembayar pajak skala kecil, dan mengadopsi kebijakan baru tentang pengurangan pajak struktural untuk mengimbangi dampak dari beberapa penyesuaian kebijakan.
 
Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri Tiongkok mencatat defisit perdagangan jasa tercatat sebesar 66,69 miliar yuan (sekitar USD10,3 miliar) pada kuartal pertama 2021. Angka tersebut turun sebanyak 74,7 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu.
 
“Total volume perdagangan jasa negara mencapai sekitar 1,16 triliun yuan pada periode Januari-Maret atau naik 0,5 persen secara tahun ke tahun,” ungkap Kementerian Luar Negeri Tiongkok.
 
Penurunan defisit tersebut disebabkan oleh pertumbuhan ekspor jasa yang signifikan, yang meningkat sebesar 22,8 persen secara tahun ke tahun pada periode laporan. Sedangkan impor jasa turun sebanyak 13,5 persen ketimbang tahun lalu.
 
Perdagangan layanan intensif pengetahuan Tiongkok mengalami pertumbuhan yang kuat pada kuartal pertama. Angkanya meningkat 15,5 persen secara tahun ke tahun dalam periode tersebut, terhitung 46,6 persen dari total perdagangan jasa. (ABD)

https://www.medcom.id/ekonomi/global/1bV2ZaPb-tiongkok-siap-potong-pajak-untuk-dorong-ekonomi-riil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s