Tokopedia Catat Pembayaran Pajak Online Naik 3 Kali Lipat di Kuartal I 2021

JAKARTA, KOMPAS.com – Tokopedia mencatatkan kenaikan jumlah transaksi hampir 3 kali lipat untuk pembayaran pajak nasional dan daerah secara online pada kuartal I tahun 2021 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan, jumlah transaksi pembayaran penerimaan negara melalui sistem Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga yang terkoneksi dengan Tokopedia secara keseluruhan meningkat hampir 4 kali lipat pada kuartal I tahun 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Secara spesifik, transaksi pembayaran Pajak Online meningkat hampir 3 kali lipat, pembayaran PNBP meningkat lebih dari 5 kali lipat serta Bea dan Cukai meningkat hampir 6 kali lipat pada kuartal I tahun 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya,” kata Astri dalam siaran pers, Selasa (13/7/2021).

Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, Tokopedia juga memiliki fitur E-Samsat untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kep. Riau, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan. Fitur ini juga mencatatkan kenaikan 3 kali lipat pada kuartal I tahun 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sementara untuk transaksi pembayaran PBB juga meningkat hampir 4 kali lipat pada kuartal I tahun 2021. Untuk mendukung digitalisasi system pembayaran, Tokopedia menjalin kerja sama dengan Kementerian Keuangan RI untuk lebih dari 900 jenis penerimaan negara, yakni Pajak Online (termasuk PPh, PPN, dan Bea Materai), Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Bea Cukai.

Sebelumnya Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati berharap metode pembayaran digital diharapkan mampu memudahkan akses masyarakat dalam meningkatkan inklusi keuangan sekaligus meningkatkan peneriamaan negara.

“Inovasi ini diharapkan dapat turut berkontribusi dalam pembangunan nasional, pelayanan publik dan ekonomi digital sekaligus membantu pemulihan ekonomi negara yang saat ini terdampak pandemic,”ungkap Sri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2021/07/13/191533326/tokopedia-catat-pembayaran-pajak-online-naik-3-kali-lipat-di-kuartal-i-2021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s