Imbas Konsensus Global, Ini Nasib Industri Besar di Negara Surga Pajak

IDXChannel – Perusahaan teknologi dan industri besar dunia tengah bersembunyi di negara-negara surga pajak Eropa. Meski tidak akan mengubah basis di bawah konsensus global dari G-7, langkah ini dilakukan agar dapat menawarkan lebih banyak fasilitas lain sekaligus memperoleh banyak keuntungan. 

Irlandia salah satunya, dimana pajak minimum mencapai 15% yang diusulkan oleh G-7 lebih tinggi dari pungutan Irlandia untuk bisnis saat ini sebesar 12,5%. Meski demikian, jumlah tersebut masih berada di bawah angka milik Amerika Serikat dan Perancis yang mencapai 20% atau lebih.

Mengutip program Market Opening IDX Channel, Kamis (22/7/2021), seperti yang diketahui, Irlandia telah menjadi basis operasi Eropa untuk beberapa perusahaan internasional terbesar. 

Di antara perusahaan terbesar itu adalah Google, Apple Inc., juga Facebook Inc. dimana proposal pajak minimum G-7 bertujuan untuk menghentikan perusahaan menggunakan yurisdiksi pajak rendah juga guna memotong tagihan pajak dengan negara-negara pesaing.

Adapun sejumlah pengamat menilai bahwa proses yang dipimpin organisasi untuk kerjasama ekonomi dan pembangunan ini akan membantu membawa stabilitas pada sistem pajak internasional. Bahkan pihaknya menggambarkan kesepakatan tersebut merupakan langkah maju yang disambut baik oleh sejumlah kalangan dalam upaya mencapai tujuan yang lebih baik.

https://www.idxchannel.com/economics/imbas-konsensus-global-ini-nasib-industri-besar-di-negara-surga-pajak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s