Ini Pentingnya Buat Surat Wasiat, Hindari Konflik Harta hingga Konsekuensi Pajak

IDXChannel – Membicarakan dan memikirkan kematian bisa membuat seseorang tidak nyaman. Akan tetapi, menghindari masalah dan membiarkan Anda atau anggota keluarga Anda tidak siap menghadapi kematian itu merupakan hal yang lebih buruk.

Menurut survei Gallup terbaru, sekitar 46% orang Amerika memiliki surat wasiat yang merinci bagaimana uang dan harta benda mereka akan ditangani setelah kematian mereka. Yang mengejutkan, hasil survei Gallup ini hampir sama sejak tahun 1990, dengan jumlah orang Amerika yang memiliki surat wasiat secara konsisten berkisar antara 44% dan 51%.

Data lebih lanjut dari survei Gallup menunjukkan, bahwa orang Amerika berpenghasilan tinggi jauh lebih mungkin daripada orang Amerika berpenghasilan rendah untuk melaporkan memiliki surat wasiat.

Selain itu, semakin muda Anda, semakin kecil kemungkinan Anda memiliki keinginan untuk mempunyai surat wasiat. Misalnya, sekitar tiga perempat orang Amerika berusia 65 tahun ke atas telah meluangkan waktu untuk membuat dokumen hukum semacam itu, sementara mereka yang berusia 30 tahun ke bawah sebagian besar tidak siap, dengan hanya 20 persen yang telah membuat surat wasiat.

Jika pandemi telah mengajari kita apa pun, hidup itu penuh dengan bola lengkung. Tidak terlalu dini untuk terlibat dalam perencanaan warisan dan menguraikan keinginan terakhir Anda dalam surat wasiat.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki surat wasiat, berapa pun usia Anda seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Sabtu (24/7/2021).

1. Menghindari Konflik

Salah satu kesalahpahaman yang paling umum adalah bahwa surat wasiat tidak diperlukan jika Anda ingin semua aset Anda hanya untuk keluarga Anda. Setiap negara bagian memiliki Undang-Undang terkait apa yang terjadi jika Anda mati tanpa surat wasiat, dan undang-undang itu umumnya menyerahkan segalanya kepada anggota keluarga. Tetapi bagaimana jika itu bukan cara Anda ingin real estat Anda didistribusikan?

“Banyak Undang-Undang negara membagi aset di antara pasangan dan anak-anak Anda. Itu mungkin tampak baik-baik saja, tetapi mungkin meninggalkan dua pertiga aset Anda untuk anak-anak Anda dan hanya sepertiga untuk pasangan Anda,” kata Patrick Hicks, kepala hukum untuk online perusahaan perencanaan perumahan Trust & Will.

“Itu mungkin menyulitkan pasangan Anda untuk mempertahankan standar hidup atau tetap tinggal di rumah keluarga,” tambah dia.

Konflik yang terjadi dalam situasi seperti ini, ketika tidak ada kemauan atau aset tampaknya telah tersebar secara tidak adil, adalah legendaris. Tentu saja, ini terutama berlaku di kalangan orang kaya dan terkenal atau mereka yang memiliki perkebunan besar. Siapa di antara kita yang belum pernah melihat berita utama?

“Kita semua tahu tentang Michael Jackson, atau pernah mendengar tentang Aretha Franklin yang tidak memiliki surat wasiat dan nama-nama kaya atau terkenal lainnya yang tak terhitung jumlahnya yang perkebunannya berakhir dalam pertempuran besar yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun,” kata penasihat keuangan terdaftar Pam Krueger, pencipta dan co-host MoneyTrack di PBS, dan podcast Friends Talk Money, di PBS Next Avenue. “Situasi tanpa keinginan adalah situasi yang tidak menguntungkan bagi sebuah keluarga, dan dapat menghancurkan bahkan hubungan yang paling dekat.” 

2. Surat Wasiat untuk Mengurus Anak

Alasan penting lainnya untuk membuat surat wasiat adalah memastikan bahwa setiap anak dirawat dengan baik, lanjut Hicks.

“Membuat surat wasiat memungkinkan Anda untuk mencalonkan wali untuk merawat anak-anak dan hewan peliharaan Anda setelah kematian Anda. Mungkin sulit untuk dipikirkan, dan mungkin tampak sangat tidak mungkin, tetapi penting untuk memiliki rencana,” jelas Hicks.

Tidak menunjuk wali, di sisi lain, dapat berarti bahwa seorang hakim akan ditugaskan untuk memutuskan ke mana anak-anak Anda pergi jika Anda meninggal. Jelas, ini tidak akan ideal.

“Hakim ini kemungkinan besar tidak akan pernah bertemu dengan Anda dan tidak akan tahu bagaimana Anda ingin anak-anak Anda dibesarkan,” kata Hicks. “Tidak memiliki surat wasiat berarti membiarkan orang asing membuat keputusan yang mengubah hidup ini untuk anak-anak Anda.” 

3. Surat Wasiat Perawatan dan Pemeliharaan Hewan Peliharaan

Banyak di antara kita memperlakukan hewan peliharaan seperti keluarga (atau dalam beberapa kasus lebih baik daripada keluarga). Penting untuk dipahami, bagaimanapun, bahwa undang-undang negara bagian tidak memandang Rover dengan dedikasi dan kasih sayang yang sama seperti Anda.

Sejauh menyangkut hukum, hewan peliharaan tidak lebih dari properti-kenyataan yang memiliki berbagai konsekuensi jika Anda tidak memiliki rencana yang matang akan ditetapkan.

Salah satu pendiri dan kepala petugas hukum gentreo.com, Mary Kate D’Souza, menjelaskan, karena hewan peliharaan dianggap sebagai properti, Anda tidak dapat meninggalkan uang untuk hewan peliharaan Anda.

“Namun, Anda dapat meninggalkan hewan peliharaan dan uang untuk perawatannya kepada orang yang Anda tunjuk sebagai pengasuh hewan peliharaan Anda jika hewan itu selamat dari Anda,” kata D’Souza.

“A akan memungkinkan Anda untuk memberikan hewan peliharaan Anda kepada orang yang dicintai yang dipilih, yang membantu untuk mencegah hewan peliharaan Anda pergi ke tempat penampungan,” tambah dia.


4. Konsekuensi Pajak

Membuat surat wasiat, di sisi lain, daripada meninggalkan harta warisan Anda untuk diselesaikan oleh pengadilan, dapat membantu meminimalkan beban bagi ahli waris Anda.

“Anda akan dapat mengarahkan dana untuk tujuan amal dan memberikan hadiah kepada ahli waris Anda yang tidak dikenakan pajak,” jelas Krueger, dari Friends Talk Money.

CFP dan Wakil Presiden Eksekutif dengan Ferguson Wellman Capital Management, Mary Lago, menambahkan, rencana real yang terstruktur dengan benar dapat mengurangi eksposur hingga 40% dari pajak federal estate dan pajak tingkat negara bagian yang dapat mengenai perkebunan yang lebih besar.

“Anda sudah membayar pajak atas penghasilan Anda. Mengapa harus dua kali?” kata Lago. 

5. Memberi Ketenangan

Hicks mengatakan, jika hal itu belum dibuat sangat jelas pada titik ini, surat wasiat tidak hanya menguntungkan Anda. Keluarga dan orang-orang terkasih adalah orang-orang yang pada akhirnya akan paling terpengaruh oleh apakah Anda meluangkan waktu untuk menyusun dokumen penting ini atau tidak.

“Menciptakan surat wasiat adalah cara mudah untuk memberi mereka kedamaian dan kenyamanan selama masa sulit,” kata Hicks.

“Tidak memiliki surat wasiat membuat mereka tidak memiliki petunjuk tentang keinginan Anda dan dapat menambah beban mereka. Hal ini dapat menyebabkan stres dan ketegangan yang dapat mempengaruhi keluarga lama setelah mereka menghadapi kesedihan karena kehilangan Anda,” ucap dia.

6. Dipersiapkan Sedini Mungkin

Surat wasiat bisa tampak sama sekali tidak diperlukan ketika Anda masih muda dan sehat. Hal ini tentu saja bisa benar ataupun tidak.

“Tentu saja, kita semua berharap panjang umur dan sehat, tetapi itu tidak berarti kita tidak boleh mempersiapkan sebaliknya,” kata Hicks. “Membuat surat wasiat tidak akan secara ajaib mengurangi harapan hidup Anda. Membuat surat wasiat paling sering memberi Anda ketenangan pikiran dan membantu Anda rileks mengetahui bahwa Anda memiliki rencana.” 

https://www.idxchannel.com/milenomic/ini-pentingnya-buat-surat-wasiat-hindari-konflik-harta-hingga-konsekuensi-pajak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s