5 Negara dengan Tarif Pajak Terendah, Ada yang Gak Sampai 10 Persen!

Jakarta, IDN Times – Pajak menjadi salah satu sumber pemasukan bagi negara. Semakin besar nilai pajak, maka semakin besar pula pemasukan yang bisa diterima oleh negara. Namun, sebaliknya semakin rendah tarif pajak sebuah negara maka semakin sedikit pula pemasukan mereka dari sisi penerimaan pajak.

Rendahnya tarif pajak sebuah negara menjadi idaman bagi para pengusaha yang tidak ingin terkena pajak dengan tarif mahal, baik dari sisi pajak pendapatan, pajak pertambahan nilai, maupun jenis pajak lainnya.

World Economic Forum (WEF) pada 2020 merilis beberapa negara dengan tarif pajak terendah. Berikut ini daftarnya.

  1. Makedonia

Data dari WEF menunjukkan bahwa Makedonia menjadi satu-satunya negara di dunia dengan nilai atau tarif pajak yang ada di bawah 10 persen, setidaknya hingga tahun lalu.

Berdasarkan laporan International Monetary Fund (IMF), Makedonia berniat meningkatkan nilai pajaknya dua kali lipat. Hal itu lantaran pajak Makedonia mencapai nilai terendah sejak 2008.

2. Qatar

Negara kedua dengan pajak terendah di dunia adalah Qatar. Nilai pajak di negara kerajaan tersebut disinyalir hanya 11,3 persen.

Pajak nampaknya bukan merupakan sumber pemasukan utama Qatar mengingat negara Timur Tengah ini juga menjadi salah satu negara dengan ekonomi tertinggi di dunia berkat cadangan gas alam dan minyak terbesar ketiga di dunia.

Tuan rumah Piala Dunia 2022 tersebut juga masuk dalam negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

3. Kuwait

Nilai pajak di Kuwait memang cukup rendah dan menempatkan mereka sebagai negara nomor tiga di dunia dengan nilai pajak yang rendah.

Nilai pajak di Kuwait adalah 12,8 persen. Angka tersebut pernah ditolak oleh IMF lantaran dianggap tidak mampu meningkatkan kondisi finansial negara tersebut yang tengah dalam kondisi jatuh.

4. Bahrain

Negara keempat dengan tarif atau nilai pajak terindah di dunia adalah Bahrain.

Bahrain kerap menjadi incaran para pengemplang pajak di seluruh dunia lantaran tarif pajaknya yang sebesar 13,5 persen. Bahrain bahkan tidak menerapkan pajak terhadap pendapatan dan penjualan.

5. Lesotho

Negara kelima dengan tarif pajak terendah adalah Lesotho. Sebagai negara berbentuk kerajaan, Lesotho memiliki kehidupan ekonomi dari agrikultur, livestock, pertambangan, dan lainnya.

Lesotho sendiri merupakan salah satu negara miskin di dunia, tetapi memiliki pajak terendah dibandingkan negara lainnya di benua Afrika. Negara ini memiliki nilai pajak sebesar 13,6 persen.

https://www.idntimes.com/business/economy/ridwan-aji-pitoko-1/5-negara-dengan-tarif-pajak-terendah-ada-yang-gak-sampai-10-persen/5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s