Erick Wajibkan Calon Direksi BUMN Punya NPWP dan Taat Pajak

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri BUMN Erick Thohir mewajibkan orang yang akan diangkat sebagai direksi BUMN memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan membayar pajak.
Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-11/MBU/07/2021 tentang Persyaratan, Tata Cara Pengangkatan, dan Pemberhentian Anggota Direksi BUMN. Beleid tersebut diteken Erick pada 30 Juli 2021 dan diundangkan pada 24 Agustus 2021 lalu.

“Untuk dapat diangkat sebagai direksi BUMN, selain memenuhi persyaratan materiil dan persyaratan formal… seseorang harus memenuhi persyaratan lain… f. memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan telah melaksanakan kewajiban membayar pajak selama dua tahun terakhir,” tulis Pasal 4 Permen BUMN 11/2021, dikutip Senin (6/9).

Dalam beleid yang sama, Erick merinci syarat materiil seseorang untuk menjadi direksi BUMN. Syarat tersebut antara lain, keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan.

Selain itu, calon juga merupakan orang yang cakap hukum kecuali dalam lima tahun sebelum pengangkatan pernah dinyatakan pailit; menjadi anggota direksi atau anggota dewan komisaris/dewan pengawas yang dinyatakan bersalah menyebabkan suatu BUMN/perusahaan dinyatakan pailit; atau dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara, BUMN, perusahaan, dan/atau yang berkaitan dengan sektor keuangan.

Adapun syarat lainnya yaitu:
– Bukan pengurus partai politik dan/atau calon anggota dan/atau anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota
– Bukan calon kepala/wakil kepala daerah dan/atau kepala/wakil kepala daerah
– Tidak menjabat sebagai direksi pada BUMN yang bersangkutan selama dua periode berturut-turut
– Memiliki dedikasi dan menyediakan waktu sepenuhnya untuk melakukan tugasnya
– Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter
– Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan telah melaksanakan kewajiban membayar pajak selama dua tahun terakhir.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210906162718-92-690499/erick-wajibkan-calon-direksi-bumn-punya-npwp-dan-taat-pajak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s