DJP Ingatkan Peserta PPS Soal Status Penyampaian Pembetulan SPT

JAKARTA, DDTCNews – Ditjen Pajak (DJP) mengingatkan para wajib pajak yang ikut serta dalam program pengungkapan sukarela (PPS) harta bersih mengenai status penyampaian pembetulan SPT Tahunan.

Akun Twitter Kring Pajak mendapatkan beberapa pertanyaan perihal kebijakan PPS. Salah satu yang diajukan adalah status pembetulan SPT Tahunan bagi peserta PPS skema kebijakan II perolehan harta 2016-2020.

Dalam media sosial, DJP juga mengimbau wajib pajak untuk menunggu ketentuan teknis dari kebijakan PPS. Sebab, sampai dengan Jumat 10 Desember 2021, aturan turunan dari UU No. 7/2021 terkait dengan kebijakan PPS belum dirilis.

Untuk diketahui, PPS hanya berlangsung selama 6 bulan dan dimulai pada 1 Januari 2022 hingga 30 Juni 2022. Terdapat dua skema kebijakan yang dapat dimanfaatkan wajib pajak.

“Untuk ketentuan lebih lanjut terkait program pengungkapan sukarela, saat ini masih belum terdapat ketentuan teknisnya. Mohon berkenan kakak untuk menunggu dan mengecek secara berkala aturan turunannya di website resmi DJP,” sebut DJP.

Pada skema kebijakan I, surat pemberitahuan pengungkapan harta (SPPH) perlu disertai beberapa dokumen. Lampiran dokumen itu seperti bukti pembayaran PPh final, daftar perincian harta, daftar utang, dan pernyataan mengalihkan harta bersih ke dalam negeri.

Sementara pada skema kebijakan II PPS, terdapat lampiran dokumen yang wajib diunggah. Lampiran dokumen tersebut adalah pernyataan mencabut permohonan restitusi dan upaya hukum yang tengah dilakukan.

Administrasi kebijakan PPS dilakukan dengan skema yang sama ketika wajib pajak menyampaikan SPT Tahunan secara online. DJP akan menyediakan formulir elektronik dalam bentuk e-Form yang bisa diisi oleh wajib pajak peserta PPS, kemudian diunggah dalam sistem DJP Online. (rig)

https://news.ddtc.co.id/djp-ingatkan-peserta-pps-soal-status-penyampaian-pembetulan-spt-35207

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s