Krisis Stok Darah, DPR Usulkan Keringanan Pajak Untuk Para Pendonor

SACRAMENTO, DDTCNews – Anggota Parlemen California, Amerika Serikat (AS) mengusulkan adanya insentif pajak khusus bagi pendonor darah.

Anggota Parlemen California dari Partai Demokrat Freddie Rodriguez mengatakan insentif pajak tersebut perlu diberikan guna menyelesaikan masalah krisis stok kantong darah di negara bagian tersebut.

“Solusinya sesungguhnya sederhana. Mereka yang bisa mendonorkan darah seharusnya memberikan donor. Donor akan berdampak positif terhadap pelayanan kesehatan dan juga bagi mereka yang sedang sakit,” katanya, dikutip pada Minggu (6/2/2022).

Untuk itu, Rodriguez mengusulkan pemberian kredit pajak senilai US$500 bagi wajib pajak yang melakukan donor darah setidaknya sebanyak 4 kali dalam setahun. Bila disetujui, insentif kredit pajak ini akan mulai diberikan per 1 Januari 2023.

Insentif ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah minimnya stok kantong darah di California saat ini. Berdasarkan catatan California Health and Human Services, California saat ini mengalami krisis stok kantong darah yang terparah dalam 1 dekade terakhir.

Krisis stok darah sesungguhnya bukan dialami oleh California saja, melainkan secara nasional. Palang Merah AS untuk pertama kalinya menyatakan krisis stok kantong darah. Kurang lebih 25% kebutuhan kantong darah oleh rumah sakit tidak dapat dipenuhi Palang Merah.

Seperti dilansir, ktla.com, krisis tersebut disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya seperti keterbatasan SDM, pembatalan donor darah oleh para pendonor, dan hambatan-hambatan lainnya yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. (rig)

https://news.ddtc.co.id/krisis-stok-darah-dpr-usulkan-keringanan-pajak-untuk-para-pendonor-36688

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s