Penduduk Negara Ini Happy Bayar Pajak Tinggi, Kok Bisa?

Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak orang menganggap kewajiban bayar pajak sebagai hal yang menyebalkan, namun hal itu tidak berlaku bagi warga Swedia. Penduduk di negara ini senang bayar pajak, meskipun pajak yang dikenakan negara sangat tinggi. Kok bisa?

Mengutip The Guardian, pajak penghasilan pribadi orang Swedia yang paling rendah adalah sebesar 29 persen dari gaji mereka. Tetapi kebanyakan orang membayar pajak antara 49 sampai 60 persen.

Bagi kebanyakan orang Swedia, membayar pajak yang tinggi adalah sebuah hal positif, bukan beban. Bahkan, menurut survey pada 2015, badan pajak di Swedia pernah masuk dalam jajaran Top 3 lembaga yang dinilai memiliki reputasi terbaik. 

“Saya sangat senang membayar pajak yang tinggi karena saya tahu saya menerima manfaat dari pajak itu nanti,” kata Valentina Valestany, seorang penasihat hukum.

Pada dasarnya, orang Swedia sangat percaya dengan gagasan bahwa negara adalah “Rumah Rakyat”. Artinya, semua orang percaya bahwa mereka mendapat perlindungan negara.

Di antara ‘perlindungan’ yang dirasakan penduduk Swedia dari hasil pajak adalah sekolah gratis. Anak-anak Swedia mendapat pendidikan berkualitas tinggi, baik di sekolah negeri atau swasta, tanpa harus membayar SPP lagi. Mereka juga mendapat makan siang gratis di sekolah.

Fasilitas kesehatan yang top class bebas biaya untuk semua warga. Selain itu, negara memberikan subsidi pada fasilitas penitipan anak. 

Namun, di antara semua layanan dan fasilitas gratis tersebut, manfaat dari pajak yang paling menarik adalah kebijakan parental leave alias cuti orang tua. Swedia memberikan cuti orang tua selama 480 hari (sekitar 16 bulan) untuk setiap anak yang lahir. Jumlah hari cuti tersebut dapat dibagi rata oleh ibu atau ayah. 

Dan selama mengambil cuti, negara wajib membayar orang tua 80% dari gaji mereka. Cuti ini bukan pilihan, tetapi wajib diambil oleh orang tua karena Swedia adalah negara yang sangat menjunjung keadilan gender. Dengan kebijakan tersebut, seseorang bisa tetap menjalani profesinya dengan tenang tanpa khawatir kehilangan waktu bersama anak. 

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220318102957-33-323851/penduduk-negara-ini-happy-bayar-pajak-tinggi-kok-bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s