Otoritas Ini Mulai Tindak Wajib Pajak yang Gunakan Alamat Palsu

QUEBEC, DDTCNews – Otoritas pajak Provinsi Quebec di Kanada, Revenu Quebec mulai melakukan penindakan atas wajib pajak yang melakukan pengelakan pajak dengan memalsukan alamat.

Juru Bicara Revenu Quebec Genevieve Laurier mengatakan tidak sedikit wajib pajak dari Quebec yang diketahui menggunakan alamat palsu Provinsi Ontario untuk menghemat pajak yang terutang setiap tahunnya.

“Revenu Quebec sangat menyadari skema ini dan berusaha keras untuk memitigasinya,” katanya, dikutip pada Minggu (1/5/2022).

Sejak 2017, sambung Laurier, Revenu Quebec telah membentuk tim khusus yang melakukan audit atas skema-skema pengelakan pajak menggunakan alamat palsu yang marak terjadi di wilayah perbatasan Quebec dan Ontario.

Terhitung sejak 2019 hingga 2021, Revenu Quebec mengeklaim telah memulihkan penerimaan pajak hingga CA$6 juta, termasuk denda dan bunga berkat audit yang dilakukan.

Dalam waktu 3 tahun, otoritas pajak diketahui telah melakukan audit terhadap 477 wajib pajak dan menerbitkan surat pemberitahuan terhadap 179 wajib pajak.

Menurut Laurier, praktik pengelakan pajak ini didorong oleh besarnya selisih pajak yang dikenakan oleh Quebec dibandingkan dengan beban pajak yang dikenakan di Ontario.

Untuk wajib pajak berpenghasilan tinggi, wajib pajak dapat menghemat pajak hingga CA$10.000 hanya dengan memindahkan alamatnya dari Quebec ke Ontario.

“Pada semua tingkatan memang lebih menguntungkan di Ontario jika Anda membandingkan beban pajak berdasarkan lapisan penghasilan kena pajak,” ujar Eric Gelinas, profesor perpajakan dari University of Sherbrooke seperti dilansirĀ cbc.ca. (rig)

https://news.ddtc.co.id/otoritas-ini-mulai-tindak-wajib-pajak-yang-gunakan-alamat-palsu-38878

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s