Di Negara Ini, Hanya 3 Persen Wajib Pajak yang Isi SPT secara Gratis

WASHINGTON D.C., DDTCNews – US Government Accountability Office (GAO) menyebut hanya sebanyak 3% dari total wajib pajak AS yang mengisi Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik dan gratis melalui program free file.

GAO menyatakan potensi wajib pajak AS yang berhak mengisi SPT secara gratis melalui aplikasi free file sesungguhnya mencapai 70% dari total wajib pajak. Namun, dalam kenyataannya, wajib pajak tetap memanfaatkan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP).

“Mayoritas wajib pajak yang berhak memanfaatkan free file ternyata tetap melaporkan SPT melalui PJAP dan harus membayar untuk mendapatkan layanan tersebut,” tulis GAO dalam kajiannya dikutip dari meritalk.com, Jumat (6/5/2022).

Program free file adalah perangkat lunak pengisian SPT secara elektronik yang disediakan Internal Revenue Service (IRS) bersama Free File Inc (FFI). FFI sendiri adalah konsorsium yang didirikan oleh PJAP-PJAP yang beroperasi di AS.

Seharusnya, free file dapat digunakan oleh wajib pajak AS yang memiliki penghasilan bruto senilai maksimal US$73.000 dalam setahun. GAO pun mengusulkan IRS untuk mengembangkan aplikasi pengisian dan pelaporan SPT-nya sendiri.

Namun demikian, IRS memandang langkah tersebut tidak tepat karena tak ada anggaran yang cukup untuk menyelenggarakan program tersebut.

“Opsi pengisian SPT secara gratis belum tentu meningkatkan kualitas pelayanan bagi WP. Dana yang kami miliki juga tidak mencukupi untuk membiayai kebijakan tersebut,” ujar Wakil Komisioner Bidang Pelayanan IRS Douglas O’Donnell. (rig)

https://news.ddtc.co.id/di-negara-ini-hanya-3-persen-wajib-pajak-yang-isi-spt-secara-gratis-38945

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s