Genjot Produksi Sawit, Malaysia Bakal Pangkas Tarif Pajak CPO Jadi 4 Persen

IDXChannel – Malaysia, salah satu produsen terbesar minyak sawit atau Crude Plam Oil (CPO) selain Indonesia, akan memangkas tarif pajaknya dari 8 persen menjadi 4-6 persen. Hal ini bertujuan untuk menggenjot produksi sawitnya.

Dikutip dari Reuters, Rabu (11/5/2022), Menteri Industri Perkebunan dan Komoditas Malaysia Zuraida Kamaruddin mengatakan, kementeriannya tengah mengajukan gagasan ini kepada Menteri Keuangan. Sebelumnya, Menteri Keuangan sudah membentu komite untuk membahas hal ini.

Zuraida mengatakan, Malaysia akan memotong pajak menjadi 4 persen hingga 6 persen dari tarif awal 8 persen. Keputusannya akan disusun pada Juni mendatang.

Malaysia sendiri memang sedang meningkatkan pangsa pasar CPO, terutama sejak invasi Rusia ke Ukraina yang mengganggu pengiriman minyak bunga matahari serta larangan ekspor minyak sawit dari Indonesia.

“Dalam krisis ini mungkin kita bisa bersantai sedikit dan lebih banyak minyak sawit bisa diekspor,” ungkapnya.

Dalam proposal yang diajukan, pihaknya juga meminta agar Menteri Keuangan mempercepat pemotongan pajak untuk produsen minyak sawit Malaysia terbesar, FGV Holdings.

Malaysia juga menunjukkan komitmen implementasi B30 untuk memprioritaskan pasokan ke industri pangan global dan domestik.

“Kita harus prioritaskan untuk memberi makanan kepada dunia terlebih dulu,” ujarnya.

Zuraida mengatakan, negara-negara pengimpor minyak sawit Malaysia meminta agar negara tersebut memotong pajak ekspornya.

“Mereka merasa harga itu terlalu tinggi karena biaya rantai pasok juga tinggi, karena harga minyak,” ujarnya.

Food and Agriculture Organization (FAO) telah memperingatkan bahwa harga makanan bisa naik hingga 20 persen imbas perang ini. Bahkan, risiko malnutrisi juga meningkat.

“Pembeli dari India, Iran dan Bangladesh mengusulkan untuk menukar hasil pertanian seperti beras, gandum, buah-buahan dan kentang untuk minyak sawit Malaysia,” tutup Zuraida. (RAMA)

https://www.idxchannel.com/economics/genjot-produksi-sawit-malaysia-bakal-pangkas-tarif-pajak-cpo-jadi-4-persen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s