PayPal Tak Daftar PSE Diduga Karena Ogah Bayar Pajak

Jakarta – PayPal menjadi salah satu Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Per Sabtu ini, PayPal tidak bisa diakses.
Pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya berpendapat jika langkah yang diambil Kominfo sudah tepat. Sebab, Indonesia perlu menata kembali kedaulatan digital.

“Baru minta mereka (PSE) daftar aja, itu susahnya minta ampun. Kalo kita ikuti prosesnya, ini bertahun-tahun Kominfo minta itu. Jadi kalau ditanya sudah tepat atau tidak, langkah itu jelas sudah tepat,” katanya saat dihubungi detikcom, Sabtu (30/7/2022).

Menurutnya ada beberapa hal yang membuat PSE tidak gerak cepat mendaftarkan diri mereka ke Kominfo. Salah satunya adalah karena PSE sudah berada di zona nyaman. Apalagi, setelah mendaftar PSE harus tunduk pada aturan Indonesia, termasuk soal perpajakan.

“Kalau mendaftar kan risikonya banyak. Satu, dia harus tunduk pada aturannya. Yang kedua, nanti mungkin ada perpajakannya walaupun sebenarnya itu kewajibannya kalau bayar pajak,” tambahnya.

Ia menduga PayPal merasa cukup meskipun tidak mendaftarkan diri ke Kominfo. Padahal, ada risiko jika mereka harus menghilangkan zona nyaman penggunanya. Contohnya, kasus pemblokiran yang membuat pengguna PayPal kesulitan mencairkan dana mereka.

Kemudian, ia menyoroti layanan PayPal yang bergerak di bidang finansial. Menurutnya, seluruh layanan finansial di Indonesia harus tunduk pada lembaga pengelola keuangan tertinggi, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

Artinya layanan keuangan yang beroperasi di Indonesia harus mengikuti ketentuan dan taat dengan aturan. Karena, jika ada gangguan maka pengguna layanan juga lah yang akan merugi.

“Kan lucu masa OJK dan BI yang harus mengemis PSE asing di luar Indonesia padahal mereka lembaga tertinggi,” ujarnya.

Terkait pengguna PayPal yang kesulitan menarik dana, Alfons menawarkan dua solusi. Solusi pertama adalah menggunakan DoH atau DNS over HTTPS. Solusi yang kedua adalah menggunakan VPN.

Namun, ia tidak menyarankan penggunaan VPN gratis karena rentan disadap. Pengguna PayPal sebaiknya menggunakan VPN terpercaya, supaya lebih aman dari kejahatan siber.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6207857/paypal-tak-daftar-pse-diduga-karena-ogah-bayar-pajak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s