Steam Diblokir Kominfo, Pakar IT: Apa Gunanya Kita Bayar Pajak?

SEPUTARTANGSEL.COM – Sejumlah aplikasi akhirnya benar-benar diblokir Pemerintah alias Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Sabtu 30 Juli 2022.

Alasan platform diblokir Kominfo untuk sementara waktu adalah belum mendaftarkan diri sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo kemarin, ada 8 platform yang sampai tengah malam Jumat 29 Juli 2022 belum mendaftarkan PSE.

Kedelapan platform yang belum mendaftarkan PSE dan akhirnya diblokir Kominfo, yaitu Yahoo search engine, Steam, Dota2, Counter-Strike, EpicGames, Origin.com, Xandr.com, dan PayPal.

Dari semua aplikasi tersebut yang paling diperbincangkan netizen adalah Steamplatform jual beli game online. Aplikasi banyak digunakan pecinta game, hingga mendapat sorotan dari pakar IT Teguh Aprianto.

Teguh Aprianto mempertanyakan pajak yang sudah dibayarkan pengguna saat bertransaksi di Steam. Menurutnya, apa gunanya pajak tersebut jika masih diblokir.

“Beli game di Steam udah dipajakin sama negara ini sejak 2 tahun lalu,” ungkap Teguh Aprianto dikutip SeputarTangsel.Com dari akun Twitter @secgron, Sabtu 30 Juli 2022.

“Sekarang mau mainin game yang udah dibeli dan dipajakin itu ga bisa karena Steam udah diblokir sama @kemkominfo. Terus apa gunanya kita bayar pajak?” tanya Teguh Aprianto.

Netizen juga mengungkapkan kekecewaan terhadap Kominfo saat Steam diblokir. Mereka ikut menghitung pajak yang dibayarkan saat membeli game di Steam.

“Coba hitung kerugiannya min @DitjenPajakRi,” kata @sunymf.

“Iya juga yak hahhaha.. udah bayar pajak tapi privasi tetep diganggu. emang ga guna bayar pajak,” sebut @surpacelism.

Sementara itu, @Rifq_Herliyadi meralat pertanyaan Teguh. Menurutnya, yang lebih tepat bertanya guna Kominfo bukan pajak.

“Pertanyaan yg lebih tepat apa gunanya kominfo,” kata @Rifq_Herliyadi.

https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-145141963/steam-diblokir-kominfo-pakar-it-apa-gunanya-kita-bayar-pajak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s