Konsumen Mobil Listrik Sudah Diuntungkan Pajak 0%, Ditambah Mau Ada Subsidi

Jakarta – Kendaraan bermotor listrik mendapatkan insentif dari pemerintah baik insentif fiskal maupun nonfiskal. Saat ini, mobil listrik bahkan dibebaskan dari Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).
Sejak Oktober 2021 lalu, Pemerintah sudah memberlakukan pembebasan PPnBM untuk mobil listrik. Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

Tertulis dalam Pasal 36 Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2021, kendaraan bermotor yang menggunakan teknologi battery electric vehicles, atau fuel cell electric vehicles dikenakan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah PPnBM) sebesar 15% dengan Dasar Pengenaan Pajak sebesar 0%. Bisa dibilang, mobil listrik akan dibebaskan dari pengenaan PPnBM.

Selanjutnya, di tingkat pemerintah daerah juga ada keringanan pajak kendaraan listrik. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kendaraan listrik yang dibayarkan tiap tahun berbarengan dengan pengesahan STNK jauh lebih murah dibandingkan kendaraan konvensional. Begitu juga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Bahkan ada daerah yang membebaskan BBNKB kendaraan listrik.

Menurut Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors, dengan insentif itu konsumen mobil listrik sudah diuntungkan.

“Sebenernya saat ini insentif PPnBM itu keuntungannya sudah sangat bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, dan responnya positif,” kata Dian kepada detikcom.

Saat ditanya apakah kendaraan listrik perlu insentif lainnya, Dian belum bisa menjawab secara pasti. “Untuk yang lainnya, mungkin kita lihat juga respon masyarakat lagi ya,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membocorkan pemerintah akan memberikan subsidi untuk kendaraan listrik. Motor listrik diperkirakan akan dapat subsidi sebesar Rp 6,5 juta. Sementara besaran subsidi untuk mobil listrik belum dipastikan.

Dian mengatakan, rencana pemerintah memberikan subsidi untuk kendaraan listrik akan berdampak baik untuk solusi mobilitas ramah lingkungan.

“Kami rasa ini langkah yang baik untuk mendorong percepatan kendaraan listrik dalam rangka menghadirkan green mobility di Indonesia, yang impact-nya langsung bisa dirasakan konsumen,” ujar Dian.

“Sebenernya pemerintah dan dukungan pemerintah sudah baik, seperti percepatan infrastruktur dan insentif PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah) yang sudah ada,” sambungnya.

https://oto.detik.com/mobil/d-6439816/konsumen-mobil-listrik-sudah-diuntungkan-pajak-0-ditambah-mau-ada-subsidi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s