RI Panen Pajak Digital Selama Pandemi Covid-19

JAKARTA – Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo mengatakan, adanya pajak digital yang potensial di masa pandemi tumbuh dengan sangat baik diharapkan dapat diatur dengan baik dan segera diimplementasikan agar menambah penerimaan tanpa mengganggu fairness.

Dimulai dengan Perppu no 1 tahun 2020, dengan memasukan pemungutan PPn pada platform asing yang memberikan layanan jasa pada Indonesia jadi ini sudah sangat baik penerimaan jga sudah diatas Rp 2,5 triliun setahun.

“Lalu kita juga menunggu hasil G20 tentang pajak global minimum akan segera diterapkan itu juga akan menambah kontribusi penerimaan pajak kita sekarang,” katanya dalam program Market Review IDX Channel di Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Pajak digital, kata dia, pemerintah harus menjaga betul keseimbangan antara iklim investasi di mana sekarang sedang didukung digitalisasi jangan sampai mereka discollege dan juga para pelaku UKM yang tumbuh digital akan dilindungi.

“Pemungutan pajak terukur dan moderat akan jadi pilihan tanpa mengesampingkan bahwa mereka yang menanggung keuntungan besar harus membayar pajak lebih tinggi dibanding yang layak mendapat insentif,” ungkapnya.

Dengan pajak digital ini juga pemerintah menerapkan refocusing yang dapat menjadi pola yang baku kedepannya. Refocusing menjadi bagian dari konsep keseluruhan dimana pertumbuhan belanja itu harus diikuti dengan outcome yang baik tetap positif dan terukur.

“Sehingga kita harus mencermati belanja-belanja yang juga produktif yang selama ini juga boros agar bisa dikesampingkan atau dialihkan untuk belanja prioritas nah ini yang jadi pola pusat daerah jadi sesuatu yang positif atau tidak membebani APBN dan jadi membawa uang fiskal yang leluasa untuk belanja lebih produktif,” pungkasnya.

https://economy.okezone.com/read/2021/08/24/320/2460365/ri-panen-pajak-digital-selama-pandemi-covid-19?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s